Ujian Lisan Penutup Ujian Semester Ganjil 2021

mts.ittifaqiah.ac.id_INDRALAYA ;
Sejak Senin, 29 November 2021, Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil MTs Al-Ittifaqiah sudah resmi dimulai. Kemudian setelah Pelaksanaan ujian tertulis yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 pekan terakhir. Pada Sabtu 10 Desember 2021 Ujian Lisanpun dimulai selama 4 hari (10-14 Desember 2021). Inilah salah satu potret kesibukan yang tengah terjadi di MTs Al-Ittifaqiah akhir-akhir ini, juga menjadi pertanda bahwa semester pertama tahun ajaran 2021-2022 akan segera usai.

Adapun materi pelajaran yang diujikan pada ujian lisan meliputi Bahasa Arab, Bahasa Inggris,  Tahfidz Al-Qur’an, Al-Qur’an Tajwid, Muhadhoroh, Praktek Ibadah dan Do’a Dzikir. Ujian lisan ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan intelektual santri dan mengetahui hasil pembelajarannya selama satu semester. Selain itu, ujian ini juga bertujuan untuk melatih rasa percaya diri dan mentalitas para santri ketika berhadapan dengan para penguji.
“Dengan adanya Ujian Lisan, Anak-anak akan semakin terlatih mentalnya untuk berani dan percaya diri didepan banyak orang. Alhamdulillah ujian selesai, semoga mereka semua mendapatkan hasil ujian yang maksimal”, Ujar Ustazah Indah Pratiwi, S.Pd.I selaku Waka II Kesantrian ketika ditemui tim redaksi siang tdi, (14/12).

Apabila santri memiliki rasa percaya diri dan mental yang tinggi, dia cenderung akan melalui ujian dengan baik dan penuh ketenangan. Juga sebaliknya, santri yang kurang percaya diri cenderung merasa takut, gerogi, dan menjawab dengan ragu-ragu di dalam ruang ujian, sehingga segala yang telah dihafal dan dibaca menjadi terlupakan seperti hilang sekejap mata.