MTs Al-Ittifaqiah Indralaya Laksanakan Asesmen Bakat Minat (ABM)

Pada tanggal 19-22 Februari 2024, MTs Al-Ittifaqiah Indralaya menyelenggarakan Asesmen Bakat Minat (ABM) dengan memanfaatkan teknologi modern di lab komputer Madrasah. Acara ini diselenggarakan selama 4 hari berturut-turut, yakni Senin- Kamis, bertujuan untuk mengukur kemampuan dan minat siswa pada bidang-bidang khusus.

Tujuan dan Manfaat Asesmen Bakat Minat

a. Mengukur Kemampuan dan Minat: ABM bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa pada bidang-bidang khusus dan menilai minat siswa berdasarkan sikap mereka terhadap kegiatan atau pekerjaan tertentu.

b. Pembagian Tes: Tes ini merupakan tes gabungan , yaitu tes bakat dan tes minat, yang dirancang untuk memberikan gambaran komprehensif tentang potensi dan preferensi siswa.

c. Tes Bakat dan Minat : Terdiri dari 108 butir soal dengan waktu pengerjaan 240 menit. Terdapat 2 sub tes yaitu Literasi dan urasi.

d. Alokasi Waktu yang Tertib: Peserta diharapkan untuk mengikuti alur pengerjaan dengan tertib, menghindari mengerjakan subtes di luar waktu yang sudah ditentukan.

e. Petunjuk dan Token: Setiap memulai mengerjakan subtes, peserta wajib membaca petunjuk pengerjaan dan mengisi token sebagai langkah awal.