Pembekalan Hari Raya Idul Adha

mts.ittifaqiah.ac.id_INDRALAYA ;

Hari Raya Idul Adha akan segera tiba. Tepatnya besok pada 20 Juli 2021. Hari yang ditunggu-tunggu bagi ummat Islam, yakni hari raya yang disertai dengan penyembelihan hewan kurban dan kegiatan menunaikan Rukun Islam yang ke-5 yaitu Haji.

Pada kesempatan kali ini, Ust. Firdaus, MA selaku pemberi materi pembekalan idul adha di kampus A untuk santri MTs Al-Ittifaqiah menyampaikan beberapa poin penting tentang apa itu puasa wajib dan sunnah, serta menjelaskan secara spesifik Rukun, Syarat dan hukum berpuasa.

“Anak-anakku, ada banyak hal yang perlu kalian ketahui tentang puasa pada moment idul adha ini. Hukum puasa ada 4 : Wajib, Sunnah, Makruh, Haram. Yang pertama, Puasa wajib ada 3 : ramadhan, Nazar, Kifarat. Puasa Sunnah : senin-kamis, 8-9 Dzulhijjah Tarwiyah- ‘Arofah, ‘Asyura 10 Muharram, Yaumul Bidh (Pertengahan bulan 13,14,15 Hijriah) Puasa Makruh : Pada hri yg meragukan tgl 29-30 Sya’ban, ditakutkan sudh masuk bln ramadhanPuasa Haram : Puasa pada 2 hari raya 1 syawal idul fitri dan 10 Dzulhijjah idul adha, 3 hri tasyrik 11,12,13 Dzulhijjah. Adapun, Rukun Puasa ada 2 yakni, niat dan menahan hawa nafsu. Syarat Wajib Puasa : Islam, Baligh, Berakal, Suci dari haid & nifas, Mampu melakukannya. Syarat Sah Puasa : Islam, Mumayyiz, Suci dari hadas & nifas, Tidak pada hari yg dilarang puasa. Kalian harus tahu dan faham, agar tidak keliru kedepannya”, pungkasnya, (20/07).

Kegiatan ini berlangsung pagi menjelang siang di dua tempat, kampus A dan di kampus D Putri.