Gelombang Pertama Hari kedua, ANBK Bertujuan untuk Pemetaan Kualitas Pendidikan

Mts.ittifaqiah.ac.id_Tanjung Lubuk; Kegiatan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) diselenggarakan di Madrasah Tsanawiyah Al-Ittifaqiah, Selasa (05/10).

Kegiatan yang dilaksanakan langsung di laboratorium komputer kampus D Putri yang disukseskan langsung oleh Kamad serta Wakamad juga seluruh pengurus MTs Al-Ittifaqiah.

Hari kedua ini tak kalah semangatnya dengan hari pertama dilaksanakan ANBK, santri yang begitu antusias danntertib dalam melaksanakan ANBK.

Ahsin Latif selaku Proktor, menjelaskan bahwa ANBK bukanlah pengganti Ujian Nasional.

“Soal ANBK, ini adalah program pemerintah pusat untuk memetakan kualitas sekolah secara nasional. Ini, namanya assesmen nasional berbasis komputer dilakukan di seluruh sekolah untuk kelas VIII bagi 45 orang. Ini kita lakukan assesmen selama dua hari, setiap hari ada dua sesi jelas Proktor Madrasah Tsanawiyah ini pada Selasa (5/10/2021)

“Yang diuji di sini sebenarnya, literasi dan numeresi, ini tidak seperti UN. Kalau UN per mata pelajaran. Kalau yang ini, seluruh mata pelajaran yang berkolaborasi untuk mempersiapkan anak-anak,” ungkapnya.

“ANBK ini bukan pengganti UN. Kalau UN itu untuk kelas terakhir, sementara ANBK untuk kelas VIII. Di sini, tidak ada lulus dan tidak lulus,” sambungnya.