IMTIHAAN AS-SYAHAADAH AL- 'IDADIYAH AL- AZHARIYAH

Lubuk Sakti_ mts@ittifaqiah.ac.id _20 Mei 2024  pembukaan ujian kelas Al-Azhar IX 1 upara pembukaan ini di hadiri oleh Wakil Mudir II,  (Ari Al Hadi, S.Pd.I,) sekaligus membuka secara resmi ujian Akhir  Kelas Al Azhar,  Kepala Madrasah Tsanawiyah Al- Ittifaqiah Indralaya(Evi Erianti, M.Pd), Kepala Madrasah Tsanawiyah Al- Ittifaqiah 2 (Huzairi,M.Pd),Waka III, (Syahril, Lc) dan para pengurus dan staf MTs Al- Ittifaqiah Indralaya dan MTs Al-Ittifaqiah 2.

 

Kata  sambutan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Al- Ittifaqiah Indralaya, Evi Erianti, M.Pd. Baiklah anandaku semuanya tiba saatnya ananda akan menguji, ananda akan mengevaluasi diri ananda selama kurang lebih selama 3 tahun. Yang in syaa Allah akan dilaksanakan dari tanggal 20-28 Mei 2024 sesuai dengan ayat yang Ustazah sampaikan diatas tadi

artinya.

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Wa may yattaqillaha yaj al-lahu makhraja. Wa yarzuq-hu min aisu la yahtasib, wa may yatawakkal alallahi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja alallahu likulli syai in qadra.

Artinya:

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya, sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3).

Artinya disini belajar ananda disini akan dipertanggung jawabkan, apabila belajarnya bersungguh-sungguh maka in syaa Allah diberi kemudahan oleh Allah, kemudian Allah akan memberikan rizki yang tak disangka-sangka maksudnya adalah Allah akan memberikan kesuksesan kepada ananda semuanya untuk itu giatlah jangan sampai melemah karena masa depan ananda sudah didepan ambang pintu, ada Motto hidup yang harus kita pegang yakni

Bahasa Arab مَنْ جَدَّ وَجَدَ yang kalau diartikan adalah siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan menemukan atau siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil.

Kemudian yang ke 2

مَنْ صَبَرَ ظَفِرَ

Man Shabara Zhafira

Artinya:

Barang siapa bersabar, beruntunglah dia.
Kemudian,
مَنْ يَزْرَعْ يَحْصُدْ (man yazro’ yahsud) artinya Barang siapa
menanam pasti aka memetik

Jadi, jika dijelaskan mengenai arti man yazro’ yahsud dalam bahasa yang muda dipahami yakni kebaikan yang ditanam pasti akan menumbuhkan kebaikan pula. Kalimat ini sering dipakai bersama dengan Man Jadda Wa Jadda yang berarti siapa yang bersungguh-sungguh akan mendapatkan karena dalam kedua kalimat ini tersimpan pesan bahwa siapapun yang berusaha keras dan bersabar dalam menjalani proses kerja keras itu maka akan mendapatkan hasil yang ia inginkan.

Man Shabara Zhafira mengingatkan kita agar selalu bersabar dalam menghadapi segala kesulitan dalam kehidupan. Saat kita sedang berusaha keras untuk mencapai sesuatu, kadang kita mengalami kesulitan yang membuat kita ingin menyerah, namun dengan kesabaran dan ketekunan kita dapat menghadapi semua itu.

Semoga ananda semua dipermudah Allah dalam menjawab soal-soal yang diujikan Aamiin yaa robbal ‘alamiin

 

Kemudian dilanjutan kata sambutan dari Wakil mudir II sekaligus membuka secara resmi ujian Akhir kelas Al-azhar Ari Al Hadi, S.Pd. Sebelum memulai sambutan beliau memulai dengan memberikan pertanyaan kepada ananda kelas IX.1 Al-Azhar tentang persiapan menghadapi ujian akhir Kelas Al-Azhar. Beliau berpesan kepada ananda untuk belajar dan belajar karena ujian ini adalah penentu hasil kedepannya..

Semoga ananda sukses dan berhasil dalam menjawab soal-soal ujian ini aamiin yaa robbal ‘alamiin.