Pelatihan Pembuatan Kisi-Kisi Soal Madrasah Tingkat Tsanawiyah

mts.ittifaqiah.ac.id_INDRALAYA;

Sesuai surat edaran yang telah dikeluarkan oleh Kemenag Ogan Ilir pada 12 Oktober 2020 kemarin. Bahwasanya pelaksanaan pembelajaran akhir semester disesuaikan dengan kalender pendidikan yg ada yakni tanggal 30 November – 12 Desember. Oleh sebab itu, masing-masing Madrasah dituntut untuk membuat soal atau kisi-kisi sendiri. Dengan pembuat soal Madrasah sebanyak 42 orang (21 orang kampus A dan 21 orang kampus D).

 

Kepala Madrasah Ustz. Evi Erianti, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, “Ini perdana untuk kita tsanawiyah membuat soal secara mandiri. Harapanya pembuatan soal kali ini sesuai acuan silabus dengan target yg telah ditentukan. Kita agendakan pembuatan soal secepat mungkin, dalam kurun waktu paling lambat 10 hari”, ujarnya, (27/10).

 

Ustz. Masnani, S.Pd selaku Waka I juga menyampaikan, “Dalam pembuatan soal ada aturan validasi soal, harus ada identifikasi soal sesuai indikator, isi format dan naskahnya harus singkron dan sesuai. Untuk mencapai soal yang baik, kita hanya perlu menyamakan persepsi dan kompak, agar soal-soal yang kita buat berkualitas”, pungkasnya.

 

Adapun dalam pembuatan soal, guru harus menyiapkan kisi-kisi terlebih dahulu. Dengan jumlah soal Pilihan Ganda 40 Soal (Untuk Mapel Exact), dan 50 Soal (Untuk Mapel Non-Exact). Guru juga wajib mengumpulkan soal selambat-lambatnya tanggal 5 November 2020 kepada panitia soal.