Pembinaan Pengurusan Jenazah Santri Kelas Akhir IX MTs

mts.ittifaqiah.ac.id_INDRALAYA;
Siang tadi, tepat pukul 13.20 telah dilaksanakan pembukaan pembinaan pengurusan jenazah yang dibuka oleh Ust. Riyadh Muhammad Romli, S.Ag di Masjid At-Thoriq kampus A. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dimana 2 hari (26-27 Okt) Pembinaan pengurusan jenazah dipandu oleh Ust. Yurzan Zaldi, Lc dan 1 hari (28 Okt) Teori Sholat jamak, sholat qosor dan sholat jamak qosor yang akan di pandu oleh Ust. Darsi Ahmadan, Lc.

Dalam ajaran agama Islam, jika ada orang Islam yang meninggal dunia maka orang yang masih hidup wajib mengurus jenazahnya. Hukum mengurusnyapun fardhu kifayah. Artinya, orang-orang sekitar wajib melakukan tata cara pengurusan jenazah. Mengurus jenazah dimulai dengan memandikan, menyolatkan jenazah sampai menguburnya. Namun apabila di antara mereka tidak ada yang mengurusi jenazah, maka semuanya akan berdosa. Dalam hal ini, ust. Yurzan Zaldi, Lc akan memberikan teori sekaligus praktek bagaimana tata cara mengurus jenazah dengan baik dan benar.

Ust. Riyadh selaku pengawas KBM MTs Al-Ittifaqiah dalam sambutannya mengatakan, “Anak-anakku, pengurusan jenazah ini pelajaran yang sangat penting karena jarang dan langka didapatkan pada sekolah-sekolah umum. Maka dari itu jangan anggap remeh, ikutilah dengan baik, manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, Insya Allah bermanfaat untuk kalian dikemudian hari”, ujarnya. ­

Ustazah. Evi Erianti, M.Pd selaku kepala madrasah juga menambahkan, “Anandaku sekalian, kegiatan ini sangat bermanfaat bukan hanya untuk sekarang tapi juga nanti. Semangat dan serius mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. Pada kesempatan berikutnya akan diadakan lomba diantara kalian masing-masing”, tambahnya.