Rutinitas Upacara Bendera

mts.ittifaqiah.ac.id_INDRALAYA;
Pagi tadi, cuaca mendung dan sedikit rintik hujan menyelimuti suasana kegiatan upacara penaikan bendera merah putih. Cuaca pagi tadi tak sedikitpun mengurangi kekhusyukan dan tak membuat semangat santri MTs. Al-Ittifaqiah luntur guna mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur.

Kali ini petugas Upacara penaikan bendera dilaksanakan oleh Organisasi Santri (OSPI) dihalaman Kampus A Al-Ittifaqiah dengan penghadir kepala Madrasah, kepala dikjar, Waka 1, Waka II dan Ka. Tu, staf dan pengurus baik Madrasah Aliah Maupun Madrasah Tsanawiyah dengan pembina upacara yang dipimpin langsung oleh Bapak M.A. Fainaluddin, S.Ag, M.M selaku seksi supervisi Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya beliau mengatakan, “Marilah kita ucapkan syukur, meskipun diguyur hujan kita masih diberi kekuatan dan kesehatan untuk mengikuti upacara pagi ini. Kami ucapkan terimakasih, karena telah mengundang kami dan juga kami menyampaikan salam dan permohonan maaf karena kepala LPMP Provinsi sum-sel ada panggilan mendadak dari Jakarta mudah-mudahan dilain waktu bisa hadir”, ujarnya, (05/03/2018).

Beliau juga menambahkan, “Kami instansi pusat yang membawahi daerah. Tugas pokok LPMP yakni menjamin mutu pendidikan yang berfungsi 1. Melakukan pemetaan mutu pendidikan 2. Pengembangan dan pengelolaan 3. Melakukan supervisi tehadap suatu lembaga pendidikan 4. Fasilitas mutu pendidikan 5. Melakukan kerjasama. Dalam rangka melakukan standar mutu pendidikan standar isi, standar proses, standar mutu pendidikan, pengelolaan sarana prasarana menjadi tolak ukur LPMP. LPMP berdiri pada tahun 1984 dengan nama BGP (Balai Penataran Guru) Palembang, pada tahun 2003 berubah menjadi LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) Sumatera Selatan, melakukan program kemitraan daerah maupun dinas prov sumsel dengan satuan pendidikan. Tugas Lpmp penjamin mutu itu sebenarnya ada disekolah masing-masing, kami hanya memastikan apakah sekolah itu mencapai standar mutu pendidikan yang dapat diketahui melalui pemetaan. Mecapai kesuksesan itu bukan karena IQ bukan dari sekolah Negeri/Swasta/Pesantren, tapi dari segi penelitian. Mau tau? Jawabanya kejujuran, jujur dengan diri sendiri maupun dengan orang lain, disiplin, kerjasama”, ujarnya menjelaskan tentang LPMP.¬†

Beliau juga berpesan, “Adik-adik peserta upacara sekalian jangan berkecil hati, walaupun kalian bersekolah di sekolah swasta, kesuksesan bukan tidak mungkin akan kalian raih. Adik-adik harus berpikir kritis & kreatif, komunikasi positif terhadap semua orang, serta kolaborasi/kerjasama. Penguatan pendidikan karakter yang pertama itu religius, tetap semangat belajar karena orang sukses itu tidak didapat secara instan”, pungkasnya menasehati sembari menutup sambutanya.

Seperti biasa, diakhir kegiatan ini lantunan doa pun menjadi sajian  penutup yang diimami oleh santri Al-Ittifaqiah yang bertugas.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *