Kebersamaan Dalam Banyak Hal

mts.ittifaqiah.ac.id_INDRALAYA;
Sedari terbukanya mata dari bangun tidur hingga tidur kembali pada malam hari. Santri MTs Al-Ittifaqiah sudah disibukkan berbagai macam aktivitas, mulai dari pukul 04.00 – 22.00 Wib. Salah satunya aktivitas makan bersama, baik pagi, siang dan malam (3x sehari).

Makan bersama ini memang sudah menjadi tradisi dan aktivitas seorang santri. Bagaimana tidak, dirumah biasa makan 1 piring sendiri, jika di pesantren makan 1 piring bisa berdua bahkan lebih (5-7 orang). Apapun lauk pauk yang disantap, jika dimakan secara bersama -sama rasanya akan terasa lezat dan nikmat.

Seperti kata salah seorang santri kelas VIII MTs Dwi Ayu Sefvieka,  “Makan dipesantren ini 3x sehari pagi, siang sama malam, lauknyo lemak. Apolagi kalau dimakan bersama kawan-kawan, tambah teraso nian lemaknyo”, ujarnya seraya tersenyum. 

Di pesantrenlah kita banyak menemukan hal yang belum tentu ditemukan diluaran sana seperti, jama’ah di masjid setiap sholat, mengaji bersama, makan bersama, kepedulian untuk merawat teman ketika sakit, ikhlas dan sabar jauh dari kedua orang tua, dll. Menjadi santri memang tidaklah mudah, karena orang hebat tidak dididik dari kesenangan semata, melainkan dari do’a, usaha dan kerja keras.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *