Kuliyah Ikhtitam dan Pembukaan UAS I Tahun 2017-2018

mts.ittifaqiah.ac.id_TANJUNG LUBUK INDRALAYA

Pagi ini, Sekitar pukul 08:00 di Kampus D dan di Kampus A Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya telah dilakukan “Kuliah Ikhtitam” atau Penutupan Proses Pembelajaran Semester Ganjil Tahun 2017-2018 sekaligus membuka secara resmi Ujian Akhir Semester (UAS) Tahun Pelajaran 2017-2018.

Dihiasi dengan rintik-rintik hujan saat itu, acara yang dipimpin langsung Mudir Drs. K.H. Mudrik Qori, M.A. (kampus A) dan Wakil Mudir 1 Ustad Muhyidin, MA (Kampus D) itu berlangsung dengan sangat khidmat. Mudir Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah dalam sambutannya mengatakan jangan berhenti untuk belajar.

“Anak-anakku, secara formal memang proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) semester ganjil ini ditutup akan tetapi, hakikat belajar bagi setiap manusia tidak ada batasan, baik waktu, tempat maupun usia. Oleh karena itu belajarlah terus dengan giat, dan yakinlah, kegiatan belajar kalian tersebut bernilai pahala”.

Di tempat terpisah (Kampus D), Wakil Mudir 1 Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah menuturkan bahwa dunia ini begitu cepat berputar sehingga tak terasa bahwa kita sudah berada diakhir pembelajaran semester ganjil tahun 2017-2018.

Saya rasa dunia ini begitu cepat berlalu, karena perasaan baru kemarin dibuka proses pembelajaran tahun 2017-2018. Ehh.. Sekarang sudah mau ditutup” Tutur beliau dengan senandung syahdu. 

Dalam acara yang turut dihadiri oleh pengurus yayasan dan segenap ustad dan ustadzah serta diikuti oleh ribuan santri ini, Almukarrom Ustad Muhyidin juga mengingatkan bahwa santri dalam moment kali ini harus lebih meningkatkan lagi kesadaran akan ilmu yang bermanfaat itulah yang harus dicari oleh santri pada umumnya.

Ingat nak, ada 6 kunci ilmu yang manfaat yanitu : cerdas, tamak ilmu, bersungguh-sungguh, bekal, ridho seorang guru dan membutuhkan waktu yang lama. Keenamnya ini harus kalian miliki, karena salah satu saja yang tidak anda miliki, maka ilmu yang anda dapatkan akan kurang bermanfaat dan kurang berkah.” Begitulah sepenggal motivasi yang diungkapkan beliau kepada santri dan semua yang hadir saat itu. (red/MS)




2 thoughts on “Kuliyah Ikhtitam dan Pembukaan UAS I Tahun 2017-2018

  1. Lester

    Very efficiently written article. It will be helpful to anybody who employess it, including myself. Keep up the good work – i will definitely read more posts.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *